Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3 Coaching untuk supervisi Akademik

 

Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.3

Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) 4F

merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.




1.    Facts (Peristiwa);

Kegiatan pada modul 2.3 ini, saya awali pada tanggal 23 september 2022 dengan kegiatan mengerjakan mulai dari diri dengan mengungkapkan beberapa perasaan berkaitan dengan kegiatan supervisi atau observasi pembelajaran dan mengungkapkan perasaan dan harapan dalam mempelajarai modul ini.

Aktivitas selanjutnya masih pada tanggal yang sama 23 september saya melaksanakan  eksplorasi konsep, sehingga tidak sekaligus saya isi pada eksplorasi konsep, ada empat eksplorasi konsep yang harus kami baca dan fahami, berkaitan dengan konsep coaching secara umum dalam pendidikan, paradigma berfikir dan prinsip coaching, kompetensi inti coaching dan TIRTA sebagai alur percakapan coaching dan materi tentang supervise akademik dengan paradigma berfikir coaching, kegiatan ini saya lakukan sampai tanggal 24 september 2022.  Eksplorasi konsep ini merupakan dasar untuk mengetahui apa dan bagaimana tentang Coaching. Selanjutnya kami menuliskan diskusi secara asinkronus pada ruang kolaborasi berkaitan dengan beberapa pertanyaan berikut;

·      Setiap CGP memberikan pernyataan mengenai keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik

·      CGP menanggapi jawaban dari minimal 3 CGP lainnya.

·      Jika pada sebuah jawaban sudah ada 3 tanggapan, silahkan menanggapi jawaban CGP lainnya.

 

Pada tanggal 28 -29 september kami mengikuti ruang kolaborasi dengan Bapak fasilitatator kami dipandu dan di fasilitisasi bagaimana melaksanakan kegiatan coaching dengan alur TIRTA dan masing-masing kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari 3 orang, dan pada pertemuan kedua kami mempraktikan coaching bersama dengan teman satu kelompok. Selanjutnya pada tanggal 30 september mengunggah tugas ruang kolaborasi berkaitan dengan praktik coaching.

Kegiatan lanjutan adalah membuat tugas praktik coching yang divideokan baik menjadi coach maupun coche dengan 3 orang perkelompoknya dan selanjutnya mengunggahnya ke laman LMS.

Pada tanggal 4 Oktober 2022, kami mengikuti elaborasi pemahaman yang di pandu oleh instruktur Ibu Sri Kurniawati, hal ini semakin menguatkan pemahaman kami berkaitan dengan Coaching ini. Pda tanggal 10 oktober mengunggah koneksi antar materi modul 2.3

 

2. Feeling (Perasaan)

Modul ini merupakan hal yang baru karena harus melakukan praktik coaching dengan alur TIRTA, hal ini merupakan sesuatu yang baru yang saya pelajari, tentu hal ini membuat perasaan sedikit mengalami kesusahan, apalagi ketika kegiatan kolaborasi saya beradu dengan kegiatan pelatihan DPS, namun difasilitasi oleh fasilitator hebat dan mampu mengarahkan kami untuk selalu bersemangat maka kegiatan pada modul 2.3 ini menjadi ringan dan saya menjalaninya dengan semangat yang tinggi.

3. Findings (pembelajaran)

Beberapa pengetahuan yang saya dapat. dari mempelajari modul ini adalah bahwa kegiatan supervise bukan untuk menilai tetapi bagaimana guru yang kita supervisi denmgan pendekatan coaching untuk menumbuhkan kompetensi dari dalam dirinya, dengan diawali dengan pra, observasi dan pasca.

4. Future (Penerapan)

Gagasan baru yang diperoleh adalah menerapkan kegiatan supervise dengan prinsip berfikir paradigma coaching, yang meliputi;

1.    Kemitraan: proses kolaboratif antara supervisor dan guru

2.    Konstruktif: bertujuan mengembangkan kompetensi individu

3.    Terencana

4.    Reflektif

5.    Objektif: data/informasi diambil berdasarkan sasaran yang sudah disepakati

6.    Berkesinambungan

7.   Komprehensif: mencakup tujuan dari proses supervisi akademik

 

Praktik supervise yang saya lakukan memang masih jauh dari kata baik, namun demikian akan selalu mencoba menerapkan kegiatan supervise dengan prinsip paradigma coaching.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan  tentang modul 2.3 Coaching untuk supervisi akademik. Mudah-mudhan bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA KRAMA

MODEL PEMBELAJARAN